Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Senam Bersama Kembali Dilaksanakan

 




Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat yang tidak boleh diabaikan. Bukan hanya tentang membentuk tubuh yang indah secara fisik, tetapi juga tentang menjaga kesehatan mental dan emosional. Kegiatan olahraga seperti senam memang lebih asik untuk dilakukan bersama-sama dengan teman-teman atau dengan warga sekitar. 

Seperti Lampung Barat yang kembali melaksanakan kegiatan senam bersama setelah melalui libur panjang dalam rangka memasuki bulan suci ramadhan, di lingkungan pemerintahan Kabupaten Lampung Barat. Seperti biasa setelah berolahraga kegiatan diakhiri dengan santap makanan ringan yang telah disediakan.

Namun, kita sering lupa bahkan mengabaikan seberapa pentingnya olahraga bagi kesehatan, adapun manfaat yang dapat kita ambil dari  berolahraga diantaranya ialah.

1.      Mengatur Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan Jantung 

        Olahraga secara konsisten membantu mengatur berat badan dan mengurangi risiko obesitas, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung. Aktivitas fisik seperti jogging, bersepeda, atau berenang meningkatkan denyut jantung dan memperkuat otot jantung, menjaga organ vital ini tetap sehat.

2.      Meningkatkan Kesehatan Mental

    Olahraga tidak hanya memberi manfaat fisik, tetapi juga memengaruhi kesehatan mental kita. Aktivitas fisik melepaskan endorfin, hormon yang menghasilkan perasaan bahagia dan mengurangi stres. Selain itu, olahraga juga dapat menjadi outlet untuk mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan rasa percaya diri.

3.      Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

    Aktivitas fisik yang teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kita lebih mampu melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan osteoporosis.

4.      Meningkatkan Kualitas Hidup

    Olahraga bukan hanya tentang hidup lebih lama, tetapi juga hidup lebih baik. Dengan tubuh yang lebih sehat dan pikiran yang lebih jernih, kita dapat menjalani hidup dengan lebih banyak energi dan semangat.

5.      Membentuk Keteraturan dan Kedisiplinan

    Berolahraga memerlukan keteraturan dan kedisiplinan. Ini membantu membentuk kebiasaan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki jadwal rutin untuk berolahraga, kita belajar untuk mengelola waktu dengan lebih baik dan menetapkan prioritas yang sehat dalam hidup kita.

6.      Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

    Olahraga dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.


Sumber :@disporapar_lambar


Post a Comment for "Senam Bersama Kembali Dilaksanakan"